Jumat, 20 November 2020

Tips Efektif Berhenti Merokok Ala SehatQ.com

Tags

Tidak dimungkiri memang bahwa bagi seorang yang sudah lama merokok, berhenti dari kebiasaan tersebut adalah hal yang cukup sulit. Oleh karenanya, dibutuhkan strategi khusus untuk membantu Anda yang ingin bebas dari kebiasaan merokok. Dalam hal ini, SehatQ.com memiliki beberapa tips efektif yang bisa dilakukan untuk membantu Anda bebas dari rokok.


Tentu saja, adanya tips ini nantinya bisa menjadi salah satu opsi strategi yang cukup tepat. Selain itu, adanya tips ini nantinya akan semakin memudahkan Anda menjalani proses hingga akhirnya Anda benar-benar bebas dari kebiasaan merokok.

Tips Efektif Berhenti Merokok Ala SehatQ.com


Lantas, apa saja tips yang dimaksud tersebut? Simak beberapa ulasan di bawah ini!

Bahaya Merokok Untuk Kesehatan Tubuh

Sebelum membahas tentang tips efektif untuk berhenti merokok, ada beberapa bahaya merokok yang harus diketahui terlebih dahulu. Pemahaman tentang bahaya merokok ini nantinya akan semakin menguatkan keharusan Anda menghentikan kebiasaan merokok.


Beberapa bahaya merokok yang mungkin terjadi jika kebiasaan ini tidak segera dihentikan adalah sebagai berikut :

  • Serangan jantung
  • GERD
  • Pembengkakan pembuluh darah
  • Kanker
  • Kemandulan
  • Gangguan psikologis, termasuk perasaan gelisah dan stress


Ragam Tips Efektif Untuk Berhenti Merokok

Ada beberapa tips dari SehatQ.com untuk membantu Anda bebas dari kebiasaan merokok demi kesehatan tubuh yang membaik. Beberapa tips tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :


1) Membuat daftar alasan kenapa berhenti merokok

Salah satu tips yang cukup efektif untuk memudahkan proses berhenti merokok adalah membuat daftar alasan kenapa Anda harus berhenti merokok. Ya, hal ini penting karena daftar tersebut nantinya akan menguatkan diri Anda ketika tergoda untuk kembali merokok.


2) Mengelola stress

Bisa dikatakan stress adalah salah satu penyebab paling umum kenapa seseorang merokok. Hal ini dikarenakan rokok menjadi pelampiasan stress yang banyak diambil. Oleh karenanya, agar tidak tergoda untuk merokok dan bisa menghentikan kebiasaan ini, maka Anda harus mengelola stress.


Ada cukup banyak cara yang bisa dilakukan guna mengelola stress. Beberapa cara seperti yoga, berlibur, melakukan hobi dan lainnya secara langsung akan membuat stress memudar sehingga keinginan untuk merokok menjadi rendah.


3) Menjauhi pemicu

Untuk bisa berhenti merokok, maka Anda harus menjauhi pemicu yang menyebabkan Anda ingin kembali merokok. Misalnya, ketika keinginan merokok cenderung muncul ketika Anda berkumpul dengan sesama perokok, maka intensitas berkumpul dengan mereka sebaiknya dikurangi.


Selain itu, misalnya Anda juga cenderung lebih sering merokok saat minum kopi, maka intensitas minum kopi sebaiknya dibatasi. Hal-hal semacam ini bisa saja terlihat cukup sepele. Namun efek dari menjauhi pemicu akan sangat membantu Anda berhenti dari kebiasaan merokok.


4) Rutin berolahraga

Salah satu cara yang juga efektif untuk menghentikan kebiasaan merokok adalah rutin berolahraga. Ya, olahraga secara langsung bisa mengurangi serta mengalihkan perhatian Anda dari rokok. Oleh karenanya, mulailah untuk rutin berolahraga. Tentu saja, Anda tidak perlu melakukan olahraga yang berat. Mulailah dengan jogging atau olahraga mudah lainnya.


5) Mengonsumsi makanan sehat

Untuk berhenti merokok dengan lebih mudah, Anda juga bisa mulai membiasakan mengonsumsi makanan sehat. Makanan sehat yang dikonsumsi tentu saja akan membantu Anda mendapatkan tubuh yang lebih sehat. Selain itu, rasa dari makanan sehat tadi juga akan mengurangi rasa nikotin dari efek rokok.


Beberapa tips di atas adalah bagaimana Anda bisa berusaha untuk berhenti merokok dengan lebih mudah. Tentu, niat berhenti merokok jika memungkinkan harus segera dilaksanakan sebelum nantinya Anda harus mendapatkan tindakan medis karena kebiasaan merokok yang merugikan tersebut.


Deskripsi: SehatQ.com memiliki beberapa tips efektif yang bisa dilakukan untuk memudahkan Anda bebas dari kebiasaan merokok dan memulai hidup sehat.



EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.