Minggu, 18 Oktober 2020

5 Upaya yang Bisa Anda Lakukan Agar Bayi Cukup ASI

Tags

Bayi sangat memerlukan ASI sebagai sumber energi dan asupan makanan utama. Inilah salah satu alasan mengapa nyaris semua ibu ingin memberikan ASI eksklusif untuk bayi. Hanya saja, tidak semua ibu sudah mengerti tanda bayi cukup ASI. Alhasil, terkadang pemberian ASI yang dilakukan kurang maksimal.

 

5 Upaya yang Bisa Anda Lakukan Agar Bayi Cukup ASI

Agar Bayi Cukup ASI

ASI untuk bayi harus selalu terpenuhi agar si kecil bisa tumbuh optimal. Anda juga harus bisa mencegah terjadinya bayi kekurangan ASI. Ulasan di bawah ini akan membantu Anda memastikan si kecil sudah mendapatkan ASI yang cukup.

 

1.                 Memperbaiki Posisi Mulut Bayi Saat Menyusui

Mulut bayi yang melekat pada puting payudara harus dalam keadaan benar. Sehingga, bayi bisa menghisap ASI secara maksimal. Jika posisi mulut bayi tidak pas pada puting, maka ASI yang keluar tidak akan tersalur sempurna. Anda harus membantu bayi memposisikan mulutnya agar ia tak kesulitan mendapatkan ASI.

 

2.                 Konsumsi Makanan Sehat

Kondisi tubuh ibu yang sehat mempengaruhi besarnya stok ASI untuk bayi. Anda harus mengonsumsi makanan yang sehat agar produksi ASI tidak terganggu. Sejumlah makanan yang bisa memperlancar produksi ASI antara lain sayuran hijau dan buah-buahan segar. Selain itu, Anda harus mengurangi makanan asin agar rasa ASI tidak terkontaminasi.

 

3.                 Kendalikan Stres

Menjadi ibu muda terkadang menimbulkan sejumlah tekanan hingga timbul stres. Namun, Anda harus mengelola stres yang diderita. Karena kondisi stres bisa menghambat produksi ASI. Jika produksi ASI menurun, bayi tentu saja akan kekurangan asupan makanan. Hal ini tentu tidak memenuhi tanda bayi cukup ASI, sehingga tidak bagus untuk tumbuh kembangnya.

 

4.                 Hindari Gaya Hidup Tidak Sehat

Selain stres, gaya hidup tidak sehat juga bisa menurunkan produksi ASI. Sehingga, asupan ASI untuk bayi tidak akan terpenuhi. Sejumlah gaya hidup tidak sehat mulai dari merokok, minum minuman dengan kandungan alkohol, hingga mengonsumsi makanan berkafein. Ada baiknya jika Anda menghindari sederet gaya hidup tidak sehat tersebut demi si buah hati.

 

5.                 Istirahat Cukup

Upaya pemenuhan ASI untuk bayi selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah istirahat cukup. Dengan istirahat cukup, produksi ASI bisa lebih stabil. Anda bisa mengatur waktu tidur seefektif mungkin agar tidak mengalami kelelahan. Karena tubuh yang lelah bisa menghambat produksi ASI.

 

Bayi yang cukup ASI menjadi kebahagiaan para orangtua dalam hal parenting. Sehingga Anda akan bangga karena daftar tanda bayi cukup ASI telah terpenuhi. Untuk itu, Anda perlu melakukan upaya pemenuhan ASI sehingga si kecil bisa tumbuh dengan sehat, aktif dan ceria.

Semoga ulasan di atas bermanfaat, ya.


EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.